Rabu, 11 Juli 2012

Cara menghitung minggu efektif mengajar


Langkah pertama dalam menyusun perangkat pembelajaran adalah menghitung minggu efektif dalam setiap semester. Dengan mengetahui jumlah minggu efektif guru akan mudah dalam membagi jam pelajaran terhadap muatan kurikulum (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
            Dinas Pendidikan terkait biasanya selalu menerbitkan minggu efektif sebelum Tahun Pelajaran baru dimulai. Akan tetapi mereka hanya memberi kalender secara umum. Tugas guru lah yang harus membuat kalender pendidikan itu menjadi lebih spesifik, lalu menyusun minggu efektif dalam satu semester.
Adapun langkah mudah dalam menyusun minggu efektif versi penulis adalah:
ü  Taruhlah kalender pendidikan dari dinas pendidikan anda atau dari kalender umum.
ü  Dalam satu semester terdiri dari enam bulan. Disini kita ambil contoh semester ganjil, jadi mulai dari bulan Juli – Desember 2012.
ü  Hitunglah minggu/ pekan dalam bulan Juli 2012. Maka kita akan dapat empat pekan + 2 hari hidup ( ahad = libur). Misalnya di bulan itu ada 2 minggu libur semester, jadi minggu efektif hanya  dua minggu.
ü  Sebagai catatan apabila ada minggu/pekan yang hanya 3 hari, maka bisa dihitung 1 minggu atau jika tidak dihitung, maka bulan berikutnya harus di hitung  minggu meskipun cuma 3 hari dalam pekan itu.
Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.
Apabila anda tidak mau ribet membikin disini sudah saya buatkan contoh dan bisa langsung dipakai. Download disini jangan sungkan-sungkan. He he...

7 komentar:

  1. makasih atas artikelnya....

    BalasHapus
  2. DOWNLOADNYA NOT FOUND

    BalasHapus
  3. Thanks atas infonya, link sudah bs didownload kembali.. salam

    BalasHapus
  4. untuk mencari minggu ke berapa rumusnya apa yak ??
    mohon infonya ??
    thanks

    BalasHapus
  5. Minggu keberapa gmana ya,, maksudnya bisa diperjelas mbak, he he
    Silahkan dihitung kpn mulai awal pembelajarannya... itu menjadi awal minggu.

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat pak. terima kasih sudah membantu

    BalasHapus
  7. wahh,,,guru yang baikkk... saya juga guru, tapi kadang ntah knapa saya mrasa tdk cocok jd guru,,,ntah mungkin karena saya jenuh atau kurang sabaran menghadapi sswa... bs bagi cara biar qt g cpt jenuh n lbh sabar ngadepin sswa g pak?? thx b4

    BalasHapus

Makasih atas komennya yaaa : )