Selasa, 19 Juni 2012

Pendidikan Karakter, Perlu?

Pendidikan karakter merupakan hal baru yang terulang kembali dalam dunia pendidikan kita. Nilai karakter bangsa yang dinilai telah luntur mengakibatkan kecemasan terhadap masa depan bangsa ini kedepannya.

Yang terpenting yang harus kita fahami adalah karakter apa dan bagaimana mewujudkannya. Kita sebagai seorang guru tentu secara otomatis akan menularkan karakter kita kepada anak didik kita. Sebagai gambaran kecil, ketika seorang guru datang tepat waktu dalam mengajar merka akan ditiru oleh murid-muridnya dengan sesuatu yang positif. Sebaliknya jika seorang guru sering datang terlambat dan tidak disiplin, maka tidak arif rasanya jika
guru akan memarahinya jika seorang murid tidak mempunyai kedisiplinan.

Tidak jarang pendidikan karakter ini menimbulkan kontroversi ditengan para pendidik. Seperti yang kita ketahui, apakah kita kurang bisa mendidik, apakah selama ini guru memberi pengetahuan yang buruk dalam akhlak, bahkan pencetus ide pendidikan karakter sendiri malah mati secara tragis, bunuh diri. Nah, masalahnya dimana?.

Mengajar memang mudah, tetapi mendidik itu tidaklah mudah. Keteladanan guru adalah kunci utama. Seorang guru yang suka bermaksiat (pacaran), tidak akan menegur muridnya yang suka mesum, ini rasional. Seorang guru muslimah yang tidak pakai jilbab, tentu dia tidak akan bisa menularkan karakter relejius. Maka gurulah yang terlebih dulu harus memperbaiki karakter sebelum memperbaiki karakter siswa. Bagaimana guru akan mewarnai muridnya, sedangkan mereka tidak jelas warnanya.

Sebagai kesimpulan dari opini saya tentang pendidikan karakter ini adalah marilah kita menjadikan nilai agama (Islam) sebagai nilai karakter yang sebenarnya. Apa yang diturunkan Allah sudah cukup untuk memperbaiki moral manusia yang telah banyak rusak ini. Jika kita tidak memakai nilai agama sebagai landasan pendidikan karakter, maka bersiaplah untuk gagal dalam memperbaiki karakter bangsa ini. Wallahualam...

Note: Jika anda perlu file presentasi tentang pendidikan karakter, file ini saya dapat dari blog teman. bisa di download disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas komennya yaaa : )