Rabu, 05 September 2012

Catatan si Guru Cool (1)

Pagi yang cerah ditengah hutan karet di Kabupaten Balangan. Para petani berbondong mendatangi "kantor" mereka di sebuah kebun karet. Bersamaan itu pula ada seorang guru yang juga bergegas menuju tenpat kerja.

Sekilas memang tiada yang menarik dari peristiwa pagi itu. Tapi buatku itu adalah hal yang sangat menari hati. Menarik karena beberapa hal. Pertama, bagaimana subur dan kayanya negeri ini akan limpahan rahmat Allah SWT sehingga seorang petani karet bisa memiliki beberapa buah mobil, bandingkan dengan seorang guru yang hanya mempunyai sepeda motor HONDA 110 CC. Guru PNS dengan gaji sekitar 2,5 juta/bulan dituntut ini itu dan lebih besar lagi harus memperbaiki bangsa ini. Adapun gaji tunjangan yang jadi primadona PNS diberikan seakan kurang "ikhlas" kepada guru. Itupun masih harus dikritik bahkan dicemooh sana-sini karena gaji selalu naik meskipun kenaikan yang hanya cukup beli bensin. Kedua, Sungguh negeri ini mempunyai penduduk yang rajin dan sabar. Bagaimana tidak seorang petani pergi subuh pulang sore untuk bekerja, seorang guru yang datang bergegas sebelum jam masuk meskipun penghasilan mereka jauh dari nilai tenaga yang dikeluarkan.

Jadi aku menilai bukan salah rakyat kenapa negeri ini tetap tertinggal dari negeri lain. Bukan rakyatnya malas atau bodoh. Mereka hanya korban dari keserakahan orang-orang oportunis yang menjadi pemimipin. Mereka masuk dan terperangkap pada sebuah sistem kehidupan yang tidak akan pernah membawa mereka kepada kemakmuran, sungguh kasihan wahai saudaraku...

Wallahualam

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas komennya yaaa : )