Minggu, 12 Agustus 2012

Antara model-model pembelajaran dan hasil UKG 2012


Mempersiapkan perangkat pembelajaran merupakan hal yang gampang-gampang susah buat para guru. Gampang karena format banyak tersedia tinggal sedikit polesan jadi sudah si perangkat punya kita. Bisa dikatakan susah karena harus menentukan format yang sesuai dengan kondisi kita, terutama tentang model-model pembelajaran yang sesuai.

Hal yang tengah hangat-hangat nya adalah berita dimana guru yang sudah bersertifikasi (registered teacher) dalam menjalankan Uji Kompetensi Guru/UKG 2012 nasional gelombang pertama masih mendapatkan nilai yang rendah yaitu rata-rata  4,5, sedangkan nilai tertinggi 91,12 dan nilai terendah adalah nol (0) (sumber: banjarmasinpost), sedangkan angka kelulusan adalah tujuh (7). Nah, apa
yang terjadi dengan guru sehingga hasil UKG masih belum memuaskan?. Pertanyaannya adalah bagaimana mereka mengajar murid dengan baik jika kompetensinya masih belum memuaskan. Terlepas dari nilai UKG tersebut, satu hal kecil adalah guru masih belum semuanya familier dengan variasi model-model pembelajaran dimana materi ini menjadi materi inti dalam diklat PLPG. Hali ini menunukkan bahwa model pembelajaran memang sangat penting.

Guru profesional harus menguasai model-model pembelajaran. Disamping faham tentang model pembelajaran, guru jga harus bisa mengimplementasikan itu kedalam kelas. Dengan menguasai dan mempraktekan model-model pembelajaran dengan baik, guru profesional bukan lagi menjadi langka, InsyAllah.

Diantara model-model pembelajaran, bisa anda download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas komennya yaaa : )